Selasa, 18 Juli 2017

Kader PII ???

Menurut KBBI, Kader adalah 1 perwira atau bintara dalam ketentaraan; 2orang yang diharapkan akan memegang peran yang penting dalam pemerintahan, partai, dan sebagainya. Sedangkan menurut Nano Wijaya yang tertulis di Wikipedia beliau mengatakan bahwa Kader adalah orang atau kumpulan orang yang dibina oleh suatu lembaga kepengurusan dalam sebuah organisai  baiksipil maupun militer, yang berfungsi sebagai 'pemihak' dan atau membantu tugas dan fungsi pokok organisasi tersebut. Sementara menurut Falsafah Gerakan PII, Kader pada hakekatnya adalah seseorang yang dipersiapkan untuk mengemban tugas masa depan dengan kemampuan, kualitas dan kualifikasi tertentu. jadi, dapat disimpulkan bahwa kader itu memiliki 2 makna yang pertama mengacu pada perwira atau bintara dalam ketentaraan dan makna yang lain adalah seseorang yg telah melalui proses pengkaderan yang dipersiapkan untuk melanjutkan perjuangan menggapai tujuan organisasi. 

Menurut KBBI, muslim adalah penganut agama Islam. Sedangkan secara harfiah muslim berarti "seseorang yang berserah diri kepada Allah", termasuk segala makhluk yang ada di langit dan bumi. Sementara menurut Falsafah Gerakan PII ,Muslim adalah seseorang yang memiliki sikap ketundukan hanya kepada Allah saja dalam arti konsepsi dan cara pandang, sikap dan aktualisasi berada dalam garis bimbingan dan rido Allah. Jadi, dapat diambil kesimpulan bahwa muslim adalah orang yang menganut agama Islam serta menjalankan syariat serta menjauhi larangan-Nya.

Menurut KBBI, cendekia cen·de·kia a adalah 1 tajam pikiran; lekas mengerti (kalau diberi tahu sesuatu); cerdas; pandai; 2 cepat mengerti situasi dan pandai mencari jalan keluar (pandai menggunakan kesempatan); cerdik; 3 terpelajar; cerdik pandai; cerdik cendekia: kaum cerdik --;. Sementara menurut Falsafah Gerakan PII, cendekia adalah dalam arti upaya meneladani sifat fathanah nabi, sehingga memiliki wawasan dan antisipasi yang luas serta kerangka metodologi yang kuat sehingga dapat menangkap dan memahami keberanian, mengkonseptualisasi dan mengaktualisasikannya secara komprehensif. Jadi dapat disimpulkan bahwa cendekia adalah seseorang yang selalu mau belajar dan mengupgrade keilmuannya. 

Menurut KBBI, Pemimpin (pe·mim·pin) n 1 orang yang memimpin, sedangkan menurut Falsafah Gerakan PII, pemimpin berarti memiliki sikap dan kemampuan sebagai seorang pemimpin yang berani dan bertanggung jawab, yang mampu mengambil keputusan secara tepat dan mengelola potensi lingkungannya menjadi sesuatu yang bernilai dalam aktualisasi kekhalifahannya. Jadi dapat kita simpulkan bahwa pemimpin adalah seseorang yang berani mengambil tanggung jawab dalam memimpin. 

Identifikasi Kader PII 
Menurut paparan diatas yang merupakan profil ideal kader, kader PII harusnya memiliki keempat ciri-ciri diatas. Yaitu seorang yang siap meneruskan estafet perjuangan PII lalu seseorang yang baik akhlaknya, terjaga sholatnya, dan selalu menjaga ibadah2 lain. Dan meninggalkan larangan2 Allah.  Selalu haus akan ilmu dan senantiasa belajar serta seorang yang siap untuk menjadi pemimpin dan mengambil tanggung jawab dengan sebaik-baiknya. 


Sumber: Falsafah Gerakan PII, http://kbbi.web.id/muslim , http://kbbi.web.id/kader , http://kbbi.web.id/cendekia, http://kbbi.web.id/pemimpin, https://id.m.wikipedia.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar