Minggu, 23 Juli 2017

Mengaplikasikan ikhlas ke ibadah Mahdah

Nilai-nilai transendensi adalah kekayaan bathin. Internalisasi atau pembathinan membuat manusia semakin terbuka untuk menghayati transendensi diri menuju Tuhan. Transendensi adalah dasar dari humanisasi dan liberasi. Transendensi memberi arah kemana dan untuk tujuan apa humanisasi dan liberasi itu dilakukan. Transendensi hendak menjadikan nilai-nilai transendental (keimanan) sebagai bagian penting dari proses membangun peradaban. Siapa yang memiliki nilai-nilai transendensi tinggi akan menemukan berbagai keajaiban-keajaiban yang dikerjakan Tuhan dalam hidupnya. Nilai-nilai transendensi tidak berdiri sendiri. Nilai-nilai transendensi harus berlandaskan upaya manusia untuk mencari dan menemukan Tuhan. Maka dari itu penulis akan membahas cara mengaplikasikan nilai Transendensi dalam ibadah Mahdah. Ibadah Mahdah artinya  penghambaan yang murni hanya merupakan hubungan antara hamba dengan Allah secara langsung.Jenis ibadah yang termasuk mahdhah, adalah :
1. Wudhu,
2. Tayammum
3. Mandi hadats
4. Adzan
5. Iqamat
6. Shalat
7. Membaca al-Quran
8. I’tikaf
9. Shiyam ( Puasa )
10. Haji
11. Umrah
12. Tajhiz al- Janazah
Contoh dari nilai Transendensi salah satunya adalah ikhlas.
Salah satu nilai Transendensi yang sesuai untuk di aplikasikan pada ibadah Mahdah adalah ikhlas. Apa itu ikhlas ? Ikhlas adalah perasaan suka rela tanpa ada paksaan dan senang hati untuk melakukan sesuatu. Ada sebuah antologi terkenal yang mengatakan bahwa sikap ikhlas yang nyata itu adalah seperti buang air besar. Jadi, saat seseorang buang air besar maka seseorang tersebut tidak dengan paksaan bahkan dengan senang hati melakukannya. Bahkan tidak akan mengingat tentang apa yang telah dikeluarkannya.
Saat seseorang telah memiliki rasa ikhlas maka tidak ada lagi rasa keberatan untuk melakukan ibadah Mahdah. Mari kita tanamkan rasa ikhlas agar kita senantiasa rajin dalam beribadah karena itu merupakan kewajiban kita. Setelah semua nikmat yang telah diberi oleh Allah maka sudah sewajarnya kita melakukan ibadah dengan ikhlas sebagai rasa syukur kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar